KENAPA PILIH CARDANO

Cardano adalah sebuah blockchain yang memiliki bahasa pemrograman paling rumit. jadi apa yang membuat orang tertarik menggunakan Cardano?

Ini pertanyaan pertama dan paling sering ditanyakan di manapun di setiap ada kesempatan.

Bagi kebanyakan orang, semua cryptocurrency adalah sama saja, selalu berhubungan dengan trading dan mencari keuntungan dalam waktu cepat. Selain itu, sejak dikenalkan pertama kali pada tahun 2017 Cardano baru memiliki smart contract dan NFT pada tahun 2021. Dan bahkan, Cardano baru memiliki DEX (Decentralized Exchange) untuk kegiatan DeFi (Decentralized Finance) pada tahun 2022.

Penjelasannya adalah, Cardano bukanlah blockchain yang semata diciptakan untuk kepentingan mencari keuntungan dalam waktu singkat.

Cardano adalah blockchain yang memungkinkan kita untuk berpartisipasi menciptakan sebuah lingkungan finansial yang lebih baik. Tujuan utamanya adalah megatasi masalah yang dikenal dengan sebutan Blockchain Trilemma.

 

Solusi Dari Blockchain Trilemma

Cardano dirancang menggunakan desain struktur blockchain yang berbeda dengan blockchain lain, diawali dengan peer-reviewed research papers yang melibatkan puluhan hingga ratusan peneliti di banyak universitas terkemuka dunia. Sehingga blockchain yang menggunakan model EUTXO (Extended Unspent Transaction Output) ini adalah teknologi terbaru yang merupakan pengembangan dari blockchain pendahulunya, Bitcoin dan Ethereum.

 

Aplikasi Dalam Hal Kemanusiaan

Dalam pengaplikasiannya pada pendidikan dan kemanusiaan, IOG telah bekerja sama dengan pemerintah negara Ethiopia. Pada tahap awal di tahun 2022 ini mereka menerapkan teknologi Atala Prism dalam pencatatan rekam jejak identitas dan pendidikan bagi 5 juta murid sekolah.

Teknologi sovereign identity yang dikembangkan oleh Atala Prism ini nantinya juga akan bisa diaplikasikan pada sektor kesehatan dan pengobatan. Semua rumah sakit di manapun yang menggunakan teknologi ini akan bisa mengakses rekam medis yang dibutuhkan bagi perawatan pasien.

Hal diatas hanya sedikit contoh dari aplikasi di dunia pendidikan dan kemanusiaan. Masih banyak contoh lain yang akan kita lihat dan buktikan bersama mengingat di tahun 2022 ini saja terdapat sekurangnya 800 project yang sedang dalam pengembangan.

 

Singkatnya, Cardano adalah blockchain yang memiliki fungsi sosial seimbang dengan fungsi finansial. Bukanlah blockchain yang digemari oleh orang yang gemar meresikokan investasinya karena ada gimmick keuntungan secepat mungkin.

Jadi, pertanyaan yang menjadi judul artikel ini sekarang sudah bisa diganti dengan pertanyaan baru:

Sudah siapkah Sobat memanfaatkan teknologi blockchain terbaru yang dapat digunakan di banyak sektor kehidupan ini?

 

Cardano
The Future Is Now

 

@vvisenu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate ┬╗